Laman

Thursday, June 19, 2014

Kuliah? Dimana? PTN/PTK?

Hallo semua, udah 3 tahun sekolah di SMA dan sekarang-sekarang ini waktu yang paling bikin galau. Ujian Nasional sih udah tapi.....
Kuliah dimana??? pertanyaan setiap siswa SMA kelas 3 yang sering saya denger dari temen, tetangga, dan semua orang termasuk keluarga yang kita temui...
Masuk dimana PTK,PTS atau bahkan PTS masih rahasia tuhan ...
Pokoknya banyak dah yang menjadi pertimbangan buat kita pilih. yang penting jangan pernah menyesal dengan pilihan kita sendiri tapi jalani aja pasti ada jalan terbaik yang udah dibuat tuhan buat kita...
Ini daftar pilihan yang saya pilih ...
semoga bisa bermanfaat dan bisa buat pertimbangan untuk dipilih...
Lets Check.

Jalur SNMPTN
Jalur SNMPTN itu kita bisa pilih 3 pilihan maksimal dan salah satunya harus diprovinsi sekolah kita berapa atau kita bisa memilih 2 pilihan diprovinsi mana aja tetapi cuma 1 universitas dan saya memilih option kedua yaitu memilih 2 pilihan di provinsi mana aja, yaitu di:
1. FTMD ITB : Fakultas teknik mesin dan dirgantara. kenapa saya milih ini karena menurut saya fakultasnya menarik satu-satunya Universitas yang ada jurusan dirgantaranya jadi saya tertarik kuliah disana. terus universitasnya juga yang terbaik se-indonesia menurut saya, siapa yang enggak kenal ITB universitas teknik terbaik diindonesia.
2. FTSL ITB : Fakultas teknik sipil dan lingkungan. kalau pilihan 2 ini cuma buat pelengkap aja soalnya enggak bisa milih universitas lain cuma bisa pilih 1 universitas kalau diluar provinsi. tapi emang tertarik juga kok sama teknik sipil belajar tentang hitung menghitung yang pasti menyenangkan kerjanya buat buat jembatan, jalan ya sangat bermanfaat buat masyarakat lah. dan tentunya letaknya pun di kampus yang keren di ITB ...
Nah udah cuma pilih 2 itu aja, alesan saya cuma pilih dua itu aja karena di provinsi saya ( Provinsi Lampung ) saya cuma pengen masuk FK UNILA aja. jadi menurut saya percaya saya meletakkan itu dipilihan 3 karena pasti bakal enggk akan diterima.
Dan Hasil Dari SNMPTN adalah saya tidak diterima disana :(
ya wajar sih karena emang pilihan saya hebat-hebat semua jadi emang wajar aja kalau enggak keterima dan saya juga sudah menyiapkan buat ikut tes SBMPTN juga.

Jalur USM STIS 2014
Apa itu STIS, STIS itu salah satu PTK yang ada di indonesia yang ngejanjiin mahasiswanya kalau sudah lulus langsung diangkat jadi CPNS dilingkungan BPS.
Lanjut ke seleksinya, seleksinya itu ada 3 tahap, yaitu:
1. Mengerjakan soal Matematika, Bahasa Inggris, dan Pengetahuan Umum. dalam tahap ini kita diberi waktu 3,5 jam buat ngerjain masing-masing 60 soal tiap pelajaran. dengan MTK 90 menit dan Bahasa Inggris dan PU masing-masing 60 menit. alhamdullillah ditahap pertama ini saya lolos ketahap kedua.
2. Psikotest, dipsikotest ini kita mengerjakan banyak soal ada tentang gambar, warteg test, soal kepribadian, soal MTK sederhana dan masih banyak lagi dengan waktu selama 3 jam nonstop. kalau yang tahap ini belum pengumuman semoga saja saya bisa lolos tahap ini dan lanjut ketahap 3nya
3. tahap ini Kesehatan dan Wawancara, kalau yang ini saya belum ngejalanin karena belum pengumuman lulus tahap 2 tapi yang saya tau dalam tahap ini kita dites dirumah sakit yang ditunjuk BPS untuk melakukan test urin, test THT, test buta warna dll. nah kalau wawancaranya nanti ditentukan waktunya tiap siswa beda beda sesuai jadwal yang dibuat di STIS untuk yang lolos.
dan semoga saya bisa lolos semua tahapan ini dan bisa menjadi mahasiswa STIS 2014 *aamiin*

Jalur SBMPTN
dalam jalur ini saya pilih 3 pilihan dan ini berbeda dengan pilihan di SNMPTN yaitu:
1 FK UNSRI, jadi dokter adalah cita-cita saya dari kecil tapi semenjak menjadi kelas 3 saya jadi sering goyah karena banyak pertimbangan di pilihan-pilihan lain, tapi mungkin emang udah takdirnya saya setidaknya mencoba mewujudkan cita-cita saya itu dengan mendaftarkan ini pada SBMPTN
2 FK UNILA, pilihan yang seharusnya menjadi pilihan ketiga saya dalam SNMPTN, ya alasannya sama dengan pilihan pertama saya ingin mewujudkan cita-cita saya menjadi dokter
3 FKMIPA Matematika UPI, pilihan ini keinginan orangtua selain menjadi pilihan cadangan agar jika nilai saya jatuh saat SBMPTN nanti saya masih mungkin diterima di PTN walaupun pilihan 3. tapi saya memang berniat menjadi seorang guru karena menurut saya sekarang guru itu bukan pekerjaan yang masa depannya jelek tapi guru juga memiliki masa depan yang cerah kedepannya

Jalur USM STAN 2014
kalau STAN ini masih dalam tahap baru mendaftar jadi masih panjang tahapan tahapnya juga ada 3 tahap seperti STIS ada test TPA dan Bahasa Inggris, ada test Fisik dan kesehatan ada wawancara dll, belum terlalu detail saya paham akan test di STAN ini. tapi kemarin saya verifikasi berkas saya jadi bersemangat menjadi mahasiswa STAN karena gedung verifikasi berkas kemarin merupakan gedung Keuangan STAN yang megah banget dan sangat bagus buat dijadikan tempat kerja dimasa depan jadi saya termotivasi untuk menjadi mahasiswa STAN 2014

Sekian pilihan saya, semoga bisa membantu jika nanti tahun depan atau bahkan untuk persiapan dari sekarang yang mana yang akan dipilih untuk menjadi sekolah masa depan kalian... selamat berjuang buat Pejuang PTN/PTK 2014 juga buat Pejuang PTN/PTK 2015,2016 dan selanjutnya tetap semangat dan lebih baik menyiapkan pilihan dari sekarang agar bisa mempersiapkannya lebih matang lagi GANBATE...




No comments:

Post a Comment